Minggu, 18 Januari 2009

PTK (Pengenalan Teknik Mesin)

Etika insinyur
Ada yang pernah denger gak PII? PII itu klo dipanjangin yaitu Persatuan Insinyur Indonesia...

Baru denger kan? gw aja baru tau Insinyur ada persatuannya.. Itu juga tau dari dosen pas ngasih tugas ini...hehe..
Dan Ternyata insinyur juga punya kode etik juga , tdinya w pikir juga cm ada kode etik jurnalistik doank,eh ternyata kode etik insinyur juga ada toh..
Biasanya kode etik insinyur indonesia itu disebut juga kya gini, "Catur Karsa Sapta Darma Insinyur Indonesia" Dan kode etik insinyur itu diantaranya ada prinsip-prinsip dasar dan tuntunan sikap,
yang isinya antara lain sebagai berikut:
Untuk prinsip dasarnya yaitu:

1.      Mengutamakan Keluhuran Budi.
2.      Menggunakan Pengetahuan dan Kemampuannya untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia.
3.      Bekerja secara sungguh-sungguh untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
4.      Meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian profesional keinsinyuran.


Sedangkan Tuntunan sikapnya adalah:

1.      Insinyur Indonesia senantiasa mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
2.      Insinyur Indonesia senantiasa bekerja sesuai dengan kompetansinya.
3.      Insinyur Indonesia hanya menyatakan pendapat yang dapat dipertanggung jawabkan.
4.      Insinyur Indonesi senantiasa menghindari terjadinya pertentangan kepentingan dalam tanggung jawab tugasnya.
5.      Insinyur Indonesia senantiasa memegang teguh kehormatan, integritas dan martabat profesi.
6.      Insinyur Indonesia senantiasa mengembangkan kemampuan profesionalnya.


SPEKTRUM AKTIVITAS ENGINEERING
                 Istilah "Teknik Mesin" merujuk bukan hanya untuk profesi tertentu, tetapi juga spektrum dari pekerjaan dan tantangan yang terletak dalam bidang yang luas teknik. Istilah "Teknik Mesin" merujuk Bukan Hanya untuk Profesi tertentu, tetapi Juga spektrum Dari pekerjaan dan tantangan Yang KESAWAN terletak c. Kepemilikan Modal Yang Luas Teknik. Teknik Mesin meliputi berbagai kegiatan termasuk penelitian, pengembangan, desain, manufaktur pengujian, dan produksi, operasi dan pemeliharaan, dan pemasaran dan penjualan. Teknik Mesin meliputi berbagai kegiatan termasuk PENELITIAN, pengembangan, desain, manufaktur pengujian, dan Produksi, dan Pemeliharaan Aktiva lain, Pemasaran dan Penjualan dan. Banyak bidang dalam lingkup teknik mesin termasuk transportasi, pembangkit listrik, konversi energi, kontrol iklim, desain mesin, manufaktur dan otomatisasi, dan kontrol sistem rekayasa, subsistem dan komponen mereka. C. Kepemilikan Modal BANYAK KESAWAN lingkup Teknik mesin termasuk Transportasi, Pembangkit listrik, Konversi energi, terangkan iklim, mesin desain, manufaktur dan otomatisasi, terangkan Rekayasa dan sistem, subsistem dan Komponen mereka.

                 Ada banyak cara untuk berpartisipasi dalam kegiatan teknik mesin dan tidak semua posisi memerlukan temperamen yang sama atau persiapan pendidikan. Ada BANYAK cara untuk berpartisipasi KESAWAN kegiatan Teknik mesin dan regular tidak memerlukan temperamen * Semua Posisi Pendidikan Yang sama atau Persiapan. Jalur yang paling umum untuk karir ini adalah melalui program tingkat perguruan tinggi di bidang teknik mekanik (ME) dan teknologi rekayasa mekanik (MET). Jalur Yang pagar Umum untuk Karir Suami Canada adalah program tingkat Perguruan Tinggi di Kepemilikan Modal Teknik Mekanik (ME) dan Rekayasa Teknologi Mekanik (MET). Spektrum pekerjaan menyediakan kesempatan kerja bagi mereka dengan derajat asosiasi dan sarjana di bidang teknologi teknik mesin, selain mereka yang sarjana, master, dan doktor di bidang teknik mesin. Spektrum pekerjaan menyediakan kesempatan kerja jangka pendek mereka BAGI Artikel Baru derajat asosiasi dan sarjana di Kepemilikan Modal Teknologi Teknik mesin, selain mereka Yang sarjana, master, dan doktor Teknik mesin di Kepemilikan Modal. Selanjutnya, spektrum dari teknik mesin terus melebar sebagai percepatan pembangunan teknologi terus dan insinyur mekanik terlibat lebih banyak dan lebih dalam kegiatan yang melibatkan interface dengan disiplin lain. Selanjutnya, spektrum Dari Teknik mesin Terus melebar sebagai percepatan Pembangunan Teknologi Mekanik Terus insinyur dan terlibat lebih BANYAK dan lebih KESAWAN kegiatan Yang melibatkan antarmuka Jumlah Artikel Baru disiplin.
                 Tujuan dari brosur ini adalah untuk kontras beberapa aspek teknik mesin dan program rekayasa teknologi mekanik dan karir. Composition Komposisi Dari brosur Suami adalah untuk beberapa kontras Aspek Teknik mesin dan program Rekayasa Teknologi Mekanik dan Karir. Kedua pilihan merupakan jalur profesional yang layak, dan penting bagi siswa untuk hati-hati menilai kemampuan mereka, minat, dan tujuan karir pribadi sebelum memilih program yang spesifik. Kedua pilihan merupakan berlipat Yang layak profesional, parts dan Siswa BAGI untuk hati-hati menilai kemampuan mereka, Minat, dan Composition Komposisi Karir Pribadi at expandabilas program Yang spesifik.


Aktivitas Engineering

Di dalam propesi engineering, terdapat beragam aktivitas atau fungsi yang dapat dimainkan oleh insinyur. Insinyur dapat terlibat di dalam salah satu atau kombinasi dari beberapa aktivitas ini dan tidak mustahil bahwa di sepanjang masa kariernya ia akan memainkan semua fungsi tersebut. Fungsi-fungsi yang dimaksud adalah: riset, pengembangan, desain, produksi, kontruksi, operasi, penjualan dan manajemen.

  1. Riset (research) adalah aktivitas yang bertujuan mencari pengetahuan baru atau menemukan pemahaman yang lebih baik mengenai fakta-fakta yang telah diketahui.
    Pengembangan (development) adalah aktivitas yang bertujuan mengubah hasil-hasil dan penemuan yang diperoleh dari riset kedalam bentuk produk, metode, atau proses yang berguna.
  2. Desain (design) atau perancangan adalah proses mengubah konsep-konsep dan informasi menjadi rencana-rencana dan spesifikasi yang terperinci, yang dengannya sebuah produk jadi atau pasilitas tertentu dapat dibuat atau dibangun.
  3. Produksi adalah aktivitas industri yang menghasilkan produk-produk jadi dari bahan-bahan mentah melalui proses manufaktur.
  4. Kontruksi atau pembangunan adalah proses merubah desain dan bahan-bahan menjadi bangunan-bangunan fasilitas-fasilitas semisal gedung, jalan raya, dan fasilitas-fasilitas telekomunikasi dan daya listrik.
  5. Operasi di dalam engineering diartikan sebagai penerapan prinsip-prinsip engineering atau pelaksanaan kerja di lapangan. Dalam manufaktur, operasi melibatkan kegiatan-kegiatan seperti pembelian bahan-bahan mentah, pemeliharaan pabrik dan pengarahan serta pengawasan buruh. Para insinyur berperan penting dalam menjalankan aktivitas operasi diperusahaan-perusahaan fasilitas pablik (listrik, pam, dan sebagainya). perkerta Apian, telekomunikasi, dan dalam menangani sistem-sistem pengendalian lalu lintas di kota-kota besar AS.
  6. Penjualan (sales) di dalam industri berbasis teknologi sering kali melibatkan jasa para insinyur terlatih untuk merekomendasikan mesin-mesin peralatan, suku cadang, atau layanan-layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  7. Manajemen di banyak perusahaan di berbagai industri di pegang dan dikendalikan oleh para insinyur. Secara umum, para insinyur ini bertanggung jawab memecahkan masalah-masalah kebijakan, keuangan, organisasi dan SDM, humas, dan pemasaran serta penjualan.


Program Pascasarjana

                 Sebuah inovator - orang yang mampu menjalin pengetahuan matematika canggih, ilmu-ilmu alam dan teknik, dan prinsip teknik dan praktek dengan pertimbangan masalah-masalah ekonomi, sosial, lingkungan, dan etis untuk menciptakan sistem dan produk baru. Inovator - Orang Yang Mampu menjalin pengetahuan Matematika Canggih, alam dan Ilmu-Ilmu Teknik, dan Teknik Prinsip dan praktek Artikel Baru pertimbangan Masalah-Masalah Ekonomi, sosial, Lingkungan, dan etis untuk menciptakan sistem dan Produk Baru. Lulusan ME dapat mengembangkan prosedur baru untuk memajukan keadaan seni. Lulusan ME dapat mengembangkan Prosedur Seni Baru untuk memajukan keadaan.

Seorang pelaku atau pelaksana - orang yang mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu alam dan rekayasa, praktek rekayasa saat ini, dan pemahaman tentang prinsip-prinsip ekonomi untuk solusi dari masalah desain dan operasi atau pengujian sistem rekayasa dan manufaktur . Seorang pelaku atau pelaksana - Orang Yang Mampu Checklists Memverifikasi Daftar nama pengetahuan Matematika ditempatkan, alam dan Ilmu Rekayasa, praktek Rekayasa Saat Suami, pemahaman dan Tentang Prinsip-Prinsip Ekonomi Solusi untuk Masalah Dari desain dan atau pengujian sistem Operasi dan Rekayasa manufaktur. MET lulusan dapat menerapkan prosedur yang ditetapkan yang memanfaatkan keadaan saat seni. MET lulusan dapat Checklists Memverifikasi Daftar nama Prosedur Yang ditetapkan Seni Yang Saat memanfaatkan keadaan.
Tujuan Program Program Composition Komposisi Memberikan pengetahuan yang diperlukan untuk merancang dan memproduksi produk-produk negara-of-the-art dan sistem yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan masyarakat. Untuk menyediakan pengetahuan Yang diperlukan untuk merancang dan memproduksi Produk-Produk Negara-dari sistem dan-the-art-yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Saat Suami dan Masa Depan Masyarakat. Untuk menyediakan pengetahuan yang diperlukan untuk menerapkan teknik negara-of-the-art dan desain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Untuk menyediakan pengetahuan Yang diperlukan untuk Checklists Memverifikasi Daftar nama Teknik dan Negara-of-the-art-desain untuk memenuhi kebutuhan Suami Saat Masyarakat.
Penekanan Penekanan program adalah untuk mengembangkan metode analisis dan solusi untuk masalah desain terbuka. Penekanan Penekanan program adalah untuk mengembangkan metode analisis dan Solusi untuk Masalah desain Terbuka. Penekanan pada saat ini menerapkan pengetahuan dan praktek untuk solusi dari masalah teknis yang spesifik. Penekanan PADA Saat Suami Checklists Memverifikasi Daftar nama pengetahuan dan praktek untuk Solusi Dari Masalah tehnis Yang spesifik.
Tujuan Keahlian Keahlian Composition Komposisi Untuk mengembangkan kemampuan konseptual. Untuk mengembangkan kemampuan konseptual. Untuk mengembangkan kemampuan aplikasi. Aplikasi Untuk mengembangkan kemampuan.

·         Program Program Durasi Panjang Empat tahun.
·         Associate Program: Dua tahun.
·         Baccalaureate Program: Empat atau dua tahun jika program Gelar Yang Pertama asosiasi Selesai.
·         Diberikan Gelar “Bachelor of Science” di bidang Teknik Mesin Bachelor of Science di Kepemilikan Modal Teknik Mesin Program Associate: Associate Teknologi Teknik atau Science.
·         Baccalaureate Program: Sarjana Muda Teknologi, Teknologi Rekayasa, atau Sains.
Lulusan disebut sebagai insinyur.
·         Associates Program: Lulusan disebut sebagai teknisi. 

Baccalaureate Program: Lulusan disebut sebagai Teknologi Rekayasa.




0 komentar:

Poskan Komentar